Material

Tips Membentuk dan Melubangi Kaca Tempered Agar Tetap Kuat dan Tahan Lama

Melubangi Kaca Tempered

Bagian rumah pasti tidak pernah terlepas dari yang namanya kaca. Hampir setiap rumah yang ada di Indonesia memanfaatkan kaca sebagai salah satu cara agar cahaya dapat masuk. Kaca sebenarnya memiliki fungsi yang banyak. Tidak hanya sekedar dijadikan jalan cahaya di rumah. Kaca juga biasa dimanfaatkan pada berbagai keperluan seperti perkakas rumah tangga, hiasan dirumah dan masih banyak lagi.

Sayangnya pada beberapa kejadian kaca memiliki tingkat keawetan yang kurang baik. Kaca merupakan bahan yang mudah pecah sehingga perlu teknik dan kehati-hatian dalam memanfaatkan kaca pada kegiatan sehari-hari. Masalah ini akhirnya mulai diatasi dengan munculnya jenis kaca yang memiliki kekuatan 5 kali lebih kuat dari kaca biasa.

Kaca tempered merupakan jenis kaca yang keras dan memiliki kekuatan yang bagus. Kaca jenis ini dibuat dengan melakukan pemanasan kembali kaca biasa pada suhu mencapai 700 derajat celcius sehingga menghasilkan kaca dengan tingkat kekerasan yang sangat baik. Pada pembuatan dan bentuk tertentu, kaca ini harus dibentuk atau dilubangi terlebih dahulu sebelum melakukan pemanasan. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melubangi kaca.

Melubangi Kaca Menggunakan Bor

Melubangi Kaca Menggunakan Bor

Membuat lubang pada sebuah kaca memerlukan kehati-hatian agar tidak membuat kaca mengalami keretakan atau pecah. Salah satu alat yang dapat digunakan adalah bor listrik. Bor listrik atau bor tangan nyatanya sangat ampuh untuk membuat lubang pada kaca. Tetapi proses membuat lubang pada kaca tidak boleh dilakukan sembarangan. Tetap ada cara dan teknik yang harus diperhatikan ketika membuat lubang.

Baca juga: 6 Motif Keramik Kayu

Pada saat membuat lubang pada kaca sebaiknya buat pola terlebih dahulu. Pola dapat dibuat menggunakan spidol atau alat tulis lain. Setelah pola dibuat maka langkah berikutnya adalah membuat lubang sesuai pola yang telah dibuat. Pastikan proses pengeboran tidak miring alias lurus serta jangan menekan bor kebawah. Biarkan bor bekerja alami dan melubangi kaca sedikit demi sedikit.

Melubangi Kaca Menggunakan Solder

Solder Juga dapat dimanfaatkan untuk membuat lubang pada sebuah kaca. Solder bekerja dengan memanfaatkan panas yang dimiliki. Panas ini akan membuat kaca lama-kelamaan berlubang dan memanaskan bagian samping dari kaca itu sendiri. Proses atau waktu yang diperlukan cukup lama apabila menggunakan solder sebagai alat untuk melubangi. Meskipun begitu, solder dipercaya lebih aman dan mampu menjaga kaca tetap awet dan tidak retak.

Melubangi Kaca Menggunakan Paku

Terdengar aneh dan konyol sebenarnya alat yang satu ini. Secara logika paku jelas akan membuat kaca pecah berkeping-keping. Tapi dengan cara dan teknik yang benar ternyata paku dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu membuat lubang pada sebuah kaca. Apabila kurang percaya, kalian dapat melihat beberapa chanel youtube yang menampilkan proses melubangi kaca menggunakan paku.

Yang jelas butuh cara dan teknik yang tidak biasa agar kaca tidak pecah. Cobalah untuk menekan paku secara perlahan dan jangan dipukul menggunakan martil. Proses ini jelas tidak dianjurkan karena hanya akan membuat kaca pecah berkeping-keping.

  • Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat lubang pada sebuah kaca. Jika ingn lebih praktis anda bisa memesan kaca dari pengrajin yang lansung siap diaplikasikan. Tinggal pesan saja sesuai kebutuhan. Tentunya ukuran luas dan ketebalan jadi penentu harga. Jadi memang variatif. Sebagai contoh untuk Harga kaca tempered 8mm terpasang pun sangatlah beragam. Semua tergantung pada toko dan bentuk yang akan dibeli. Kaca tempered merupakan jenis kaca yang sangat keras sehingga proses melubangi dan membentuk kaca ini dilakukan sebelum kaca dipanaskan. Hal ini dilakukan untuk mengindari keretakan pada kaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *