Material

Tips Cegah Korosi Pada Aluminium

Tips Cegah Korosi Pada Aluminium

Korosi lebih dikenal oleh masyarakat secara luas dengan nama karat. Proses perubahan permukaan yang cenderung merusak estetika ini banyak ditemui pada bahan-bahan logam atau yang mengandung logam. Salah satu yang biasanya terkena korosi adalah logam aluminium.

Jadi, kalau kamu punya pintu aluminium dan melihat ada bercak-bercak berwarna kecoklatan, maka bisa dipastikan itu adalah proses pengaratan. Ya meskipun aluminium pada dasarnya dibuat bebas karat, tapi tetap saja masih ada kemungkinan proses korosi bisa terjadi. Bagaimana cara mencegahnya? Simak ulasan berikut ini!

Kenali Bahan Aluminium

Aluminium adalah unsur kimia yang berbentuk logam ringan. Cadangan aluminium di bumi sangatlah banyak. Bahkan jumlahnya mencapai 8 persen dari seluruh total permukaan bumi.

Ini menjadikan aluminium banyak ditemui dan digunakan oleh manusia. Wajar saja, karena meskipun termasuk logam ringan, tetapi aluminium mampu menjadi konduktar yang baik bagi panas dan aliran listrik.

Olahan dari bahan aluminium ini banyak macamnya, bisa berupa kawat, lembaran, atau batangan sesuai kebutuhan. Di kehidupan sehari-hari kita akan menumukan aluminium dipakai untuk pembuatan pintu aluminium, alat memasak, peralatan makan, dan lain-lain.

Cara Agar aluminium Tidak Mengalami Korosi

Sebenarnya sangat kecil kemungkinan aluminium bisa mengalami korosi. Namun demikian, jika pemilik bahan aluminium tidak memberikan perawatan dengan baik, bisa saja logam ringan tersebut menjadi karat.

Dampaknya bisa merusak fungsi dari benda-benda yang terbuat dari aluminium, seperti pintu dan peralatan makan, serta menghilangkan keindahan karena terdapat bercak-bercak kecoklatan. Untuk itu korosi pada aluminium perlu dicegah dengan cara-cara di bawah ini.

1. Hindarkan dari Air

Proses korosi akan terjadi manakala logam bersinggungan dengan dua unsur kimia yang lain, yaitu oksigen dan air. Menghindari benda aluminium dari oksigen nyaris tidak mungkin, apalagi kalau benda tersebut digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Yang bisa dilakukan adalah menghindarkan bahan aluminium dari inbteraksi dengan air secara terus menerus. Itu artinya, jangan letakkan benda yang terbuat dari aluminium di tempat yang mudah terjangkau oleh air. Pun saat benda tersebut basah, sebaiknya segera dibersihkan agar tidak semakin membuka peluang korosi pada permukaan aluminium.

2. Mengecatnya

Teknis pencegahan ini selain dilakukan pada besi, juga dapat diaplikasikan pada benda-benda yang terbuat dari aluminium, seperti pintu berbahan aluminium. Ya meskipun harga pintu aluminium relatif terjangkau, tapi akan sayang jika mengalami kerusakan akibat korosi. Cara ampuh berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengecat bahan aluminium. Kandungan minyak dalam cat akan melindungi logam dari korosi. Minimal proses korosi akan terhambat, sehingga logam jadi lebih awet. Pilihlah warna-warna menarik agar menambah kecantikan dari bahan aluminium.

3. Lapisi Plastik

Cara berikutnya yang bisa dicoba adalah melapisi bahan aluminium dengan plastik. Cara itu akan membantu mencegah bahan aluminium berinterasi dengan air. Plastik pelindung yang terpasang rapat juga kedap udara. Itu artinya oksigen menjadi susah masuk dan logam aluminium tidak berisiko terkena korosi. Saat memberikan lapisan plastik, pastikan pemasangannya rapi agar tidak menimbulkan kesan berantakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *