Kelistrikan

Perlengkapan Keselamatan yang Harus Digunakan Para Teknisi Kelistrikan

Keselamatan pekerja memang menjadi sebuah hal yang harus selalu diperhatikan. Bekerja sebagai seorang teknisi kelistrikan pastinya tidak akan terlepas dari bahaya yang mengintai. Bahaya terkena sengatan listrik menjadi salah satu ancaman yang paling dekat dengan para pekerja. Oleh karena itu diperlukan perlengkapan keselamatan yang baik. Perusahaan tempat para teknisi bekerjapun seharusnya memberikan pengetahuan dan ajakan bagi para pekerjanya untuk selalu menggunakan berbagai alat keselamatan mekanikal elektrikal.

Beberapa kejadian seringkali menunjukan para pekerja tidak menggunakan alat keselamatan. Pekerja seperti ini bisa jadi sudah merasa pintar sehingga mengabaikan hal kecil. Berdasarkan pengalaman yang sudah didapatkan pekerja semacam ini merasa beberapa alat pengaman tidak lagi diperlukan. Alat pengaman hanya menghambat pekerjaan. Sebagian lagi tidak menggunakan perlengkapan pengaman karena memang belum paham.

Orang yang belum paham jelas memberikan kemudahan bagi perusahaan kontraktor mekanikal elektrikal untuk memberitahu. Hal berbeda jika yang diberitahu adalah orang sok pintar dan merasa sudah berpengalaman. Yang merasa berpengalaman pasti sulit diatur. Oleh karena itu perlu sebuah cara khusus agar orang-orang semacam ini bisa dikendalikan. Berbagai perlengkapan haruslah digunakan agar mendorong produktifitas dan rasa aman para pekerja.

Perlengkapan Keamanan Wajib Para Pekerja

Berikut ini beberapa perlengkapan yang seharusnya digunakan tetapi sering terlupakan. Terlupakan atau sengaja diabaikan oleh para pekerja.

Helm

Helm merupakan alat pelindung kepala dari berbagai bahaya. Pekerjaan yang dilakukan pada sebuah gedung atau bangunan perumahan tentu saja masih menyisakan banyak bahaya. Bahaya jika terdapat barang yang jatuh mengenai kepala dan sebagainya. Manfaat helm memang penting terutama pada pemasangan instalasi listrik digedung perkantoran. Sayangnya masih banyak pekerja yang mengabaikan alat keselamatan ini.

Helm dianggap tidak begitu penting. Kecelakaan terkena runtuhan bangunan memang tidak terlalu banyak. Hal ini dikarenakan para teknisi bekerja pada sebuah bangunan yang hampir jadi. Sudah tidak ada lagi material yang berserakan dimana-mana. Meskipun begitu, segala sesuatu termasuk keselamatan pastinya harus tetap diperhatikan.

Kotak P3K

Pekerja yang mengalami masalah pada saat pengerjaan sebuah proyek seharusnya langsung mendapatkan pertolongan. Pertolongan pertama terhadap korban sangat diperlukan sebelum dibawa kerumah sakit. Dengan dilakukan pertolongan pertama maka akan meminimalisir kemungkinan cidera yang lebih besar lagi.

Baca juga: Tips Membentuk dan Melubangi Kaca Tempered Agar Tetap Kuat dan Tahan Lama

Para teknisi tentu membutuhkan kotak p3k lengkap. Barang dan peralatan bekerja yang sudah banyak membuat para pekerja mengabaikan kotak yang satu ini. Membawa terlalu banyak barang bawaan dianggap akan menyusahkan. Padahal kotak p3K tidak harus berukuran besar dan dapat diletakkan pada tas bawaan.

Sarung Tangan Safety

Sarung tangan digunakan untuk melindungi sengatan listrik. Melakukan instalasi listrik memang rawan adanya sengatan karena kebocoran arus. Memasang listrik dengan tangan kosong bisa disebut sebagai tindakan yang konyol. Cara ini jelas sama saja dengan pasrah dan menyerahkan diri pada bahaya. Jika sengatan kecil mungkin sudah dianggap biasa dan menjadi makanan sehari-hari.

Tapi apabila kebocoran arus listrik besar maka apa yang akan terjadi. Nyawa atau cidera jelas bisa terjadi. Keluarga dirumah menunggu kepulangan dengan penuh kecemasan. Yang dibutuhkan adalah keselamatan dan nafkah setelah bekerja. Apabila pulang dengan keadaan cidera atau bahkan meninggal dunia jelas akan menimbulkan duka mendalam dan kesedihan.

Keselamatan bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk keluarga yang menunggu dirumah. Menjaga keselamatan bukanlah sebuah kerugian karena standar keselamatan yang harus terus diperhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *