Dekorasi

Peran Penting Elemen Desain Garis Bergelombang Pada Desain Interior Ruang

Ada banyak elemen dasar yang hadir dalam desain. Berbagai elemen ini menyimpan peran serta fungsinya masing-masing. Sebut saja elemen desain bentuk dan masa, pencahayaan sampai dengan elemen desain garis.

Kehadiran berbagai elemen ini menentukan hasil dari desain interior pada suatu ruangan serta pesan yang berusaha di sampaikannya. Kali ini ada salah satu unsur elemen garis yang akan dibahas, yaitu elemen desain garis lengkung. Selengkapnya simak di bawah ini ya.

Apa Fungsi Kehadiran Elemen Garis Bergelombang Pada Suatu Ruangan?

Pertama akan lebih dahulu diulas mengenai fungsi kehadiran elemen garis lengkung yang ada di suatu ruangan. Ada beberapa peran vital yang hadir dari elemen ini. Peran-peran apa saja yang diemban elemen dasar ini? Ternyata inilah beberapa di antaranya.

1. Pembatas yang Hadir Dalam Ruangan

Salah satu fungsi penting dari elemen garis lengkung adalah untuk memberikan pembatas yang hadir dari suatu ruangan. Pembatas yang dimaksud di sini lebih kepada batasan imajiner yang akan hadir lewat elemen-elemen lengkung serta garis ini.

Misalkan saja dari ruang tamu menggunakan wallpaper dinding dengan elemen garis model A, sedangkan pada ruang disebelahnya menggunakan wallpaper dengan elemen garis model B. Ini salah satu cara menghadirkan sekat pembatas antar ruangan.

2. Menghadirkan Karakter Tertentu

Elemen Garis Lengkung

Peran penting lain dari elemen garis adalah menghadirkan karakter tertentu pada ruangan. Karakter pada ruangan ini dapat dilihat dari elemen garis atau lengkung yang dipilih untuk diterapkan. Misalkan untuk ruangan dengan kesan tegas akan dihadirkan elemen garis lurus dengan model tertentu.

Pemilik ruangan yang akan menghadirkan tema tertentu cukup memilih penerapan elemen garis lengkung yang dirasa sesuai pada bagian-bagian interior. Salah satu bagian interior yang memiliki peran penting untuk menghasilkan elemen garis ini adalah wallpaper dinding. Pasalnya ia menempati hampir sebagian besar ruangan.

3. Memberikan Pesan yang Berusaha Disampaikan Dari Ruangan Tersebut

Tak hanya menampilkan karakter ruangan, elemen garis lengkung juga turut serta berperan dalam menghadirkan pesan yang ingin ditampilkan dari ruangan tersebut. Misalkan saja penggunaan garis lengkung kecil pada ruangan yang akan memberikan efek kegembiraan serta energi pada ruangan tersebut.

Efek dari pemilihan elemen garis lengkung ini penting untuk diperhatikan pemilik ruangan. Pilih elemen garis lengkung yang dirasa sesuai dengan efek yang ingin ditampilkan dari ruangan tersebut.

Arti-arti Tiap Elemen Garis Lengkung

Tadi sempat sedikit disinggung mengenai efek serta karakter yang berbeda dapat hadir dari pemilihan elemen garis lengkung yang berbeda. Tiap-tiap elemen memiliki arti serta efek tersendiri. Berikut ini beberapa di antaranya.

  • Elemen garis horizontal dipercaya mampu memberi efek ketenangan. Ia juga dipandang sebagai elemen yang paling stabil jika dibandingkan jenis elemen lainnya. Kehadiran dari elemen ini juga dipercaya mampu membuat objek yang dilihat menjadi lebih luas.
  • Ingin menghadirkan kesan santai serta lembut? Nampaknya hal ini dapat diwujudkan dengan kehadiran elemen berbentuk lengkung besar maupun gelombang. Tapi selain ukuran lengkung, bentuk lengkung juga berpengaruh. Misalkan saja untuk lengkung bulat yang memberikan kesan kokoh, atau lengkung bentuk lain yang menggambarkan keanggunan.
  • Kesan berbeda lahir dari lengkung vertikal. Dimana ada kesan bermartabat serta formal yang hadir dari elemen ini. Secara umum ia menggambarkan stabilitas, kekuatan serta kemegahan yang biasanya hadir di ruangan-ruangan formal.

Rupanya setiap elemen garis lengkung memiliki peran serta artinya sendiri-sendiri. Untuk itu pihak pemilik ruangan yang akan menerapkan elemen ini hendaknya memperhatikan pemilihan elemen yang dirasa sesuai dengan kesan dan juga karakter yang ingin diperhatikan dalam ruangan.

Elemen garis lengkung juga dapat dihadirkan dari berbagai komponen interior ruangan. Seperti contoh yang paling mudah adalah wallpaper. Ada banyak jenis wallpaper yang menampilkan elemen lengkung dan garis.

Tak ada salahnya menerapkan wallpaper untuk mempertegas kehadiran elemen garis lengkung dalam ruangan. Apalagi saat ini harga wallpaper dinding murah sehingga mudah dijangkau banyak masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *