Dekorasi

Kolam Renang Ideal Untuk Lahan Mini

Kalau-kalau kamu nggak percaya sama penglihatanmu sendiri, betul! Gambar yang barusan kamu lihat itu adalah kolam renang yang menggantung di tengah-tengah ruangan. Kolam renang fenomenal ini adalah milik hotel Posto Dormire yang berlokasi di Jakarta Barat. Kolam renang ini punya kedalaman 1,2 meter dengan lebar 3 meter dan panjang 10,4 meter. Dibuat dari akrilik setebal 24 sentimeter tanpa lantai epoxy, kolam renang fenomenal ini aman karena bisa menahan beban hingga 40 ton.

Nah, meski kolam renang ini berada di lobby hotel, bukan berarti desainnya nggak bisa kamu terapkan untuk hunian loh. Yap, sekecil apapun lahan kamu, kalau didesain dengan tepat, kamu bisa kok mewujudkan mimpi untuk memiliki kolam renang pribadi di rumah.

Hal-Hal yang Menjadi Pertimbangan Saat Membuat Kolam Renang

Kolam renang tidak hanya berfungsi untuk menyalurkan hobi berenang para penghuni rumah, tapi juga memberikan kenyamanan. Kehadiran kolam renang akan membuat rumah terasa sejuk. Bahkan gemericik air dan vegetasi yang biasanya diletakkan di sekeliling kolam renang, bakal membuat mata penghuninya rileks.

Kebutuhan lahan dan air yang banyak, memang membuat kebanyakan orang maju mundur saat ingin membangun kolam renang. Karena orang sudah kebanjur percaya, kalau kolam renang hanya bisa dimiliki oleh rumah megah dan super luas. Padahal nggak loh! Desain kolam renang nggak harus luas kok. Malah ukurannya bisa disesuaikan dengan pasokan air yang mampu kamu sediakan.  Tapi tetep, biar nggak salah desain dan project kolam renang terbengkalai, sebelum memulai, kamu harus mempertimbangkan hal-hal di bawah ini dengan cermat:

1. Peruntukan Kolam Renang dan Sediaan Lahan

Sebelum menentukan ukuran dan desain kolam renang, pastikan dulu untuk apa kolam renang dibuat. Apakah untuk menyalurkan hobi pribadi, untuk quality time dengan keluarga kecil atau kolam renang yang bisa dipakai untuk pool party bersama keluarga besar dan kolega di kantor? Setelah itu, kamu bisa mengukur dengan cermat sediaan lahan untuk dijadikan kolam renang.

 2. Desain dan Tata Letak Kolam Renang

Untuk rumah dengan sediaan lahan mini, pastinya desain kolam renang minimalis menjadi solusi sempurna. Sekarang tinggal menyesuaikan desain kolam renang dengan layoutnya, apakah akan berbentuk lingkaran, persegi panjang, bulat, persegi saja atau malah dibuat mengelilingi rumah.

3. Kedalaman Air

Ukuran ideal untuk kolam renang adalah 3×4 meter, namun ini masih bisa disesuaikan dengan lahan yang kamu punya. Pastikan saja kedalamannya tepat. 1,4 meter sampai 2 meter untuk orang dewasa. Sementara untuk balita, sekitar 50 sentimeter. Pastikan juga kolam renang memakai lantai epoxy, agar dasar kolam renang lebih kuat dan tidak mudah retak.

4. Pool Deck dan Keamanan Kolam Renang

Apabila masih memiliki lahan lebih, kamu bisa memikirkan desain pool deck atau teras. Sebaiknya menggunakan kayu dan batuan alam yang memiliki unsur artistik. Jangan gunakan lantai epoxy. Sebab cat epoxy bakal licin, jika terlalu sering bersentuhan dengan sabun. Padahal syarat utama pool deck kan harus anti slip, tidak licin dan harus selalu dibersihkan. Selain itu, pastikan juga kolam renang outdoor aman dari pengintip. Tambahkan juga pagar atau penutup kolam renang untuk mencegah anak tercebur.

5. Biaya

Kamu harus menghitung jasa konstruksi, peralatan kolam renang, pengisian air dan treatment awal. Diperkirakan modal yang dibutuhkan untuk membuat kolam renang berukuran 3 x 10 meter dengan kedalaman 1,5 meter, lebih dari Rp 150.000. Tapi makin mini kolam renang kamu, pasti biayanya juga semakin murah.

Inspirasi Desain Kolam Renang Ideal Untuk Lahan Mini

Nah, kalau kamu masih galau untuk menentukan desain kolam renang untuk lahan mungil kamu. Coba diintip dulu beberapa inspirasi desain kolam renang minimalis di bawah ini:

1. Kolam renang minimalis setengah lingkaran

 

Kolam renang minimalis setengah lingkaran

Kalau lahanmu tidak memungkinkan untuk membuat kolam renang memanjang, solusinya adalah kolam renang 1800 bertingkat ini.

2. Kolam renang super minimalis

 

Kolam renang super minimalis

Lahan mini tapi masih ingin pool party? Coba aja desain kolam renang dengan lantai epoxy 3D panjang dan langsing ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *