Dekorasi

Khawatir Lantai Rumah Selalu Licin? Atasi Dengan 5 Cara Efektif Ini

Lantai Rumah

Lantai menjadi hal utama kenyamanan anda dan keluarga di dalam rumah. Sehingga kebersihannya harus dijaga agar tidak menimbulkan masalah, sayangnya banyak orang mengeluh lantainya licin padahal sudah di sapu dan dipel dengan teratur. Selain itu lantai licin mendominasi kamar mandi karena selalu terkena air sehingga lumut dan kerak lebih cepat tumbuh dibanding lantai ruang lain, tak heran banyak orang menggunakan berbagai cara agar lantainya tidak licin.

Cara Efektif Mengatasi Lantai Licin

Lantai licin membuat resah karena menimbulkan banyak masalah seperti terpleset, bahkan anak-anak lebih rentan terkena dampaknya. Untuk itu segera diatasi sebelum menimbulkan bahaya, usahakan bersihkan seketika tatkala ada noda makanan karena penyebab lantai licin. Berikut ada 5 cara mengatasi lantai licin yang dapat dipraktekan, diantaranya adalah:

1. Menggunakan Cat Berkualitas

Lantai keramik memang rentan licin akibat bekas minuman maupun makanan. Maka mengatasinya menggunakan cat berkualiats dibagian nat agar keramik tidak mudah rusak maupun licin akibat air, selain itu jenis catnya juga beragam seperti cat epoxy lantai yang diminati banyak orang. Selain harga cat epoxy tidak terlalu mahal, kualitasnya juga bagus. Bahkan cocok diapliaksikan ke lantai berbagai ruangan, termasuk lantai kamar mandi yang selalu basah.

2. Pel Lantai Dengan Larutan Jeruk Nipis

Keramik yang licin dapat diatasi dengan larutan jeruk nipis sekaligus memunculkan aroma sedap pada lantai. Mengaplikasikannya juga mudah, masukkan larutan jeruk nipis ke dalam baskom maupun botol spray dan semprotkan ke lantai sekaligus pel. Agar suasana sedap semakin kental, pel lantai ke seluruh ruangan sehingga nyaman untuk bersantai tanpa alasa kaki maupun karpet.

3. Menggunakan Garam

Garam cocok mengatasi lantai kamar mandi yang licin akibat lumut, caranya adalah panaskan garam sekitar 5 sendok makan dan air. sampai mendidih. Kemudian siramkan larutan garam tersebut ke area lantai dan sikat sampai bersih, jika lumut pada lantai membandel sehingga sulit dibersihkan dapat menggunakan epoxy flooring yang terbukti ampuh mengatasi lantai licin. Hasilnya memuaskan dan lantai tampak bersih dan seperti baru. Bahkan dapat digunakan di seluruh lantai seperti lantai beton garasi, teras rumah dan lain-lain.

4. Mengepel Lantai Setiap Hari

Walaupun sah-sah saja menggunakan alas kaki di khusu di dalam rumah, tetap memicu lantai licin karena berbagai hal. Apalagi jika ada anak-anak maka lantainya lebih sering licin karena sering terkena noda makanan dan minuman. Solusinya adalah mengepel lantai setiap hari agar kebersihan lantai selalu terjaga, anda juga tidak khawatir jika anak-anak bermain di lantai karena lantainya bersih bebas dari kuman. Bagi yang memiliki kesibukan padat, dapat mengepel lantai paling tidak dua hari sekali ataupun menggunakan asisten rumah tangga.

5. Menggunakan Sabun Cuci Piring

Siapa sangka, sabun pencuci piring ampuh mengatasi lantai yang licin, cukup gunakan sabun pencuci piring sebagai bahan pel keseluruh lantai ruangan. Usahakan sebelum mengepel, pastikan noda yang menempel di lantai dibersihkan dahulu agar saat di pel sudah bersih. Jika lantai rumah anda masih licin juga padahal sudah menggunakan banyak hal, cukup menggunakan cat epoxy agar kualiatas lantai terjamin dan bebas dari licin karena harga cat epoxy terjangkau.

Lantai licin memang menjadi perhatian utama agar hunian nyaman ditempati. Apalagi jika lantainya bersih, kegiatan apapun akan menyenangkan walaupun di dalam rumah. Untuk itu ke 5 cara diatas dapat diterapkan agar lantai rumah anda tidak licin sehingga memberikan banyak manfaat untuk keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *