Konstruksi

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Pondasi Cakar Ayam

Kelebihan dan Kekurangan Pondasi Cakar Ayam

Bagi orang awam nama pondasi cakar ayam mungkin terkesan aneh, tapi di dunia konstruksi pondasi ciptaan ilmuwan Indonesia tahun 1962 ini diakui dunia. Banyak ilmuwan yang sudah membuktikannya dengan berbagai riset, makanya jenis pondasi ini sangat disukai dalam konstruksi pembuatan berbagai jenis bangunan skala besar. Apa sebenarnya kelebihan pondasi ini dan adakah kekurangannya?

Kelebihan dan Kekurangan Pondasi Cakar Ayam

Kelebihan Pondasi Cakar Ayam

Disebut dengan nama cakar ayam, karena pondasi ini pada bagian bawahnya dibuat mencengkram tanah layaknya cakar pada hewan unggas tersebut. Kelebihan dari penggunaan pondasi ini adalah:

1. Strukturnya Kuat dan Tahan Lama

Karena memiliki struktur beton di bagian bawah yang mencengram langsung ke dasar tanah, membuat pondasi sangat kuat jika dibandingkan dengan pondasi jenis lain. Makanya banyak bangunan besar sekaliber bandara hingga jalan tol di Indonesia menggunakannya, terbukti tahan lebih lama bahkan hingga puluhan tahun.

2. Bisa Diaplikasikan Pada Tanah Lembek

Walaupun jenis tanah yang akan dijadikan lokasi bangunan bertekstur lembek, pondasi ini tetap bisa digunakan dan hasilnya maksimal. Karena saat digunakan tanah digali terlebih dahulu hingga kedalaman tertentu untuk memasang pondasi, kemudian dicor dengan bahan yang berkualitas.

3. Tidak Butuh Drainase

Pondasi ini juga tidak membutuhkan saluran air atau drainase dalam pembuatan, terutama jika dibuat pada daerah rawa jadi Anda tak perlu khawatir pondasi ini rusak akibat air. Tanpa adanya drainase juga membuat waktu pengerjaan jadi jauh lebih cepat.

4. Tidak Perlu Tambahaan Sambungan Penguat

Kalau pondasi jenis lain butuh sambungan penguat seperti sambung susut, pondasi cakar ayam tak perlu sambungan tersebut. Karena postur pondasinya saja sudah mampu menahan beban bangunan skala besar. Makin besar pondasi cakar ayamnya, akan semakin besar pula kemampuannya menahan beban.

5. Cocok Untuk Banyak Daerah

Karena kekuatan dan tahan bantingnya yang sudah teruji, pondasi ini cocok dipakai untuk berbagai kondisi daerah. Mau yang tanahnya lembek sekalipun hingga bertanah keras, yang penting penancapannya kokoh ke dalam tanah.

Kekurangan Pondasi Cakar Ayam

Selain sejumlah kelebihan di atas, pondasi ini juga punya beberaka kekurangan yang perlu diperhatikan yaitu:

1. Harga Mahal

Bicara soal harga pondasi cakar ayam memang relatif mahal, karena pembuatannya akan perorientasi untuk bangunan bertingkat skala besar. Ditambah pula banyak komponen material yang dibutuhkan selama proses pembuatan, mulai dari besi batangan, pasir, semen hingga split.

2. Butuh Tenaga Profesional

Karena pembuatannya yang tidak sembarangan, maka tidak semua orang pula bisa melakukannya. Butuh tenaga profesional yang sudah mahir untuk menghasilkan pondasi ini, untuk hasil yang sesuai harapan.

Apalagi kalau pembuatannya bertujuan untuk bangunan publik atau perkantoran, tentu ingin hasil yang tepat, aman dan tahan lama. Hanya orang yang sudah terbiasa membuatnyalah, yang mampu mewujudkannya untuk Anda.

3. Hanya Untuk Bangunan Besar

Bagi Anda yang ingin membangun rumah skala kecil, sepertinya harus menyimpan hasrat menggunakan pondasi ini. Karena ternyata pondasi ini hanya cocok untuk bangunan skala besar saja atau bertingkat, sebab dari segi postur pondasi hingga harga pondasi cakar ayam tak sepadan dengan pembangunan skala kecil seperti rumah atau kantor satu lantai.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari pondasi jenis ini, Anda bisa menyimpulkan apakah penggunaannya cocok untuk konstruksi yang akan dibangun. Jika cocok tinggal menentukan ukuran pondasi yang dibutuhkan, tapi kalau tidak cocok jangan dipaksakan karena hanya akan membebani Anda dari segi biaya dan ketidak sesuaian pondasi dengan bangunan nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *