Dekorasi

Kamu Harus Tahu, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Bahan Gypsum

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Gypsum

Gypsum merupakan salah satu material penting yang biasanya banyak digunakan sebagai plafon ataupun pembatas ruangan. Hampir setiap hunian di pedesaan ataupun di perkotaan pasti tidak terlepas dari partisi gypsum di dalam ruangannya. Gypsum merupakan material berkualitas yang terbuat dari bahan batuan sedimen yang bersifat kokoh dan mudah untuk diproduksi. Bahkan jika dilihat dari sejarah perkembangannya, jenis material gypsum ini sudah ada berabad-abad yang lalu dan banyak diterapkan oleh orang-orang mesir sebagai pondasi atap rumahnya.

Partisi gypsum biasanya dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Material ini begitu populer di kalangan masyarakat menangah ke bawah yang ingin menekan biaya pembangunan. Bukan hanya karena harganya murah, material ini begitu digemari oleh banyak orang karena memiliki banyak keunggulan dan manfaat yang sangat menguntungkan. Namun, sama seperti material lain gypsum juga tentu tidak sempurna dan memiliki beberapa kekurangan.

Biasanya jarang sekali orang yang paham tentang kelebihan dan kekurangan bahan gypsum. Nah, bagi Anda yang belum mengetahuinya, ini dia penjelasannya!

Kelebihan Bahan Gypsum

1. Mudah untuk Dipasang dan Dibentuk

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Gypsum

Terbuat dari serat dan batuan sedimen berkualitas, bahan gypsum sangat mudah untuk dipasang dan dibentuk sesuai dengan keinginan. Tak jarang banyak yang menggunakannya sebagai sekat ruangan. Proses pemasangan tidak akan memakan waktu lama, biasanya para pekerja bangunan hanya membutuhkan waktu satu sampai dua hari saja untuk melakukan pemasangan. Selain itu, bahan gypsum juga bersifat flexibel sehingga dapat dipasang dengan mudah pada berbagai macam jenis material kerangka.

2. Perawatan Mudah

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Gypsum

Saat terjadi kerusakan, partisi gypsum biasanya tidak akan merepotkan si pemiliki rumah. Untuk pemakaian dalam jangka waktu yang panjang, bahan gypsum sangat menguntungkan karena Anda tidak akan direpotkan dengan beragam perawatan yang sulit. Apabila terjadi kerusakan, Anda tidak perlu membongkar seluruh bagian. Cukup perbaiki bagian yang rusak dengan cara melakukan penambalan dan gypsum akan kembali terlihat sempurna.

3. Tahan Terhadap Api dan Suhu Panas

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Gypsum

Jika Anda berada dilingkungan yang memiliki udara panas cukup ekstrim, maka bahan gypsum sangat cocok jika digunakan sebagai atap di rumah Anda. Ketahanannya terhadap suhu panas akan senantiasa membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Selain suhu panas, gypsum juga sangat tahan terhadap api. Apabila terjadi kecelakaan berupa kebakaran, gypsum tidak akan membuat api menyebar luas keseluruh ruangan.

4. Anti Rayap

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Gypsum

Berbeda dengan bahan lain sejenis triplek, bahan gypsum menjadi sangat diunggulkan karena memiliki ketahanan terhadap rayap. Tak jarang rumah-rumah yang memiliki konsep klasik bermaterial kayu selalu menggunakan gypsum sebagai material atapnya.

Kekurangan Bahan Gypsum

1. Tidak Tahan Air

Meski tahan terhadap api dan suhu panas, sayangnya bahan gypsum termasuk material yang tidak tahan terhadap air. Saat musim hujan tiba, air yang merembes masuk ke dalam rumah tidak dapat dihindarkan sehingga pada akhirnya gypsum akan menjadi lapuk, berjamur, hingga membuatnya jebol.

2. Mudah Rapuh dan Tidak Tahan Terhadap Benturan

Kekurangan lainnya pada gypsum yaitu sangat mudah untuk rapuh dan tidak tahan terhadap segala benturan. Dalam kondisi tertentu, misalnya ketika terjadi goncangan gempa bumi gypsum akan sangat mudah untuk jebol dan ambruk. Atau hal yang paling umum terjadi, bahan gypsum biasanya akan menjadi sangat rapuh apabila sering terbentur oleh benda-benda yang ada disekitarnya. Tak heran, gypsum yang sudah berumur cukup lama biasanya serpihan atau serbuk batuannya akan sering jatuh dan mengotori ruangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *