Dekorasi

Intip Yuk 5 Tips Memaksimaksimalkan Pencahayaan Alami!

Tips Memaksimaksimalkan Pencahayaan Alami

Pencahaan sangat penting agar segala aktifitas berjalan tanpa kendala. Selain itu pencahayaan memberikan banyak manfaat karena terdapat pencahayaan yang bersumber dari lampu maupun secara alami. Siapa sangka, pencahayaan alami kini diminati banyak orang karena memunculkan hunian yang eksotik dan nyaman ditempati, apalagi menyalurkan energi positif sehingga lelah dan penat usai bekerja hilang.

Kiat Memaksimalkan Pencahayaan Alami

Sejatinya memaksimalkan pencahayaan alami mudah dilakukan siapa saja. Yang terpenting adalah mengetahui perpaduan furniture dan cat dinding agar tema pencahayaan alami tidak membuat ruangan terkesan gelap dan seram. Selain itu pencahayaan alami yang dimaksimalkan dapat membunuh kuman maupun bakteri di rumah, untuk itu dibawah ini ada 5 tips memaksimalkan pencahayaan alami yang dapat dicoba, antara lain:

1. Pencahayaan Alami Melalui Jenis Pintu

Pintu termasuk hal penting sebuah bangunan lantaran menjadi sumber utama pencahayaan. Tentunya memaksimalkan fungsi pintu tepat untuk memaksimalkan pencahayaan alami dengan memilih jenis pintu yang sesuai, misalnya menggunakan pintu kaca frameless yang ketahanan kacanya baik sehingga cocok untuk semua tipe rumah. Apalagi harga pintu kaca frameless tidak terlalu mahal dan mmeiliki banyak ukuran sehingga dapat disesuaikan dengan budget.

2. Memilih Tema pencahayaan Efek Dramatis

Ruangan yang memiliki efek dramatis membuat ruangan tersebut eksotik dan unik. Siapa sangka, memaksimalkan pencahayaan alami dapat dilakukan dengan mendesain ruangan efek bayangan yang lebih dikenal dengan cahaya samar-samar. Untuk mendapatkan ruangan dengan efek dramatis, anda dapat membeli lampu-lampu roster agar rumah berbeda dari rumah lainnya.

3. Memaksimalkan Ventilasi Udara

Umumnya, ventilasi udara berbentuk kecil dan tidak berguna memaksimalkan cahaya suatu ruangan. Padahal memaksimalkan ventilasi udara dapat memaksimalkan pencahayaan alami, caranya cukup letakkan ventilasi udara di area tertentu agar keseluruhan ruangan terkena pencahayaan alami. Yang terpenting adalah gunakanlah pintu kaca seperti pintu kaca frameless agar kegunaannya seimbang dengan ventilasi udara, selain harga pintu kaca frameless terjangkau, memiliki kualitas yang baik sehingga diminati banyak orang.

4. Meletakkan Cermin Di Tempat Strategis

Setiap rumah pasti memiliki cermin sebagai penunjang melihat hasil riasan maupun pakaian apakah sudah rapi atau bukan. Bahkan peletakkan cermin yang benar mampu memaksimalkan pencahayaan alami sehingga tidak diperlukan penerangan lampu di siang hari, pasalnya cermin dapat memantulkan cahaya dan berfungsi membiaskan cahaya keseluruh ruangan sehingga ruangan menjadi terang.

5. Rutin Merawat Material Rumah

Sebuah bangunan memiliki beragam material seperti jendela, pintu dan lain-lain. Untuk itu agar rumah mendapat cahaya alami secara sempurna harus memberikan berbagai material tersebut. Pasalnya ketika material jarang dibersihkan menjadi berdebu sehingga membuat cahaya tidak dapat memasuki rumah anda, sayangnya kesibukan menjadi kendala perawatan material rumah. Namun ada solusinya, misalnya menggunakan pintu kaca framelass yang memiliki tampilan sangat bening dan bersih. Selain itu pintu kaca tersebut tidak harus dibersihkan rutin karena terbuat dari bahan berkualitas walaupun harga pintu kaca frameless cukup mahal.

6. Mengurangi Penggunaan Pintu

Mengurangi jumlah pintu pada rumah efektif memaksimalkan pencahayaan alami karena cahaya matahari dapat menerobos ke dalam rumah tanpa ada penghalang. Bayangkan saja jika rumah memiliki sekitar 3 atau 4 pintu, pastinya cahaya matahari sulit masuk lantaran terhalang pintu sehingga ruangan tampak gelap dan membutuhkan penerangan. Selain itu mengurangi jumlah pintu secara tidak langsung menghemat tagihan biaya listrik lantaran tidak diperlukan penerangan lampu saat siang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *