Dekorasi

Cara Pemasangan Railing Kaca pada Rumah Bertingkat

Cara Pemasangan Railing Kaca

Railing kaca merupakan perpaduan antara stainless steel dengan kaca yang sering dijumpai pada tangga di rumah bertingkat. Keberadaan railing ini tidak hanya menonjolkan kesan yang mewah, modern saja, tetapi juga bisa menjamin keselamatan orang-orang yang tinggal di dalam rumah atau bangunan tersebut.

Namun, sebelum kamu memasang railing ini, ada baiknya mempelajari lebih dulu kelebihan dan kekurangannya serta cara pemasangan yang benar. Oleh karena itu, kamu bisa menyimak step pemasangan dalam ulasan berikut ini!

Rancang Denah Agar Semakin Ciamik

Pertama-tama, tentunya sebelum menentukan posisi railing tangga kaca yang akan dibangun, kamu harus mempunyai rancangan denah secara keseluruhan. Misalkan, nantinya tangga akan menghadap ke arah mana, serta aksesnya akan seperti apa, material tangga juga tak kalah penting. Peta denah yang proporsional akan membuat tangga menjadi lebih ciamik dan semakin indah dipandang mata.

Menentukan Ukuran dan Desain yang Akan Dipakai

Setelah denah, ukuran dan desain adalah hal yang tak kalah penting karena tujuannya memang untuk mempercantik interior. Tentukan ukuran tangga yang akan dipasang railing sedari awal. Setelahnya, baru pilih desain kaca yang akan dipakai sesuai dengan selera. Desain railing ini sendiri ada beberapa macamnya, mulai dari kaca transparan, buram, hingga yang memiliki ornamen. Selain itu, ada pula kaca yang memakai frame atau tanpa frame. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan selera kamu.

Pasang Railing Kaca Menggunakan Tenaga Professional

Terakhir, memasang railing tangga kaca menjadi sangat mudah saat kamu menyerahkan kepada orang yang ahli dalam pemasangan tersebut. Karena, mereka yang sudah ahli akan mengetahui jenis dan desain yang sesuai dengan interior rumah. Mereka juga paham dengan berbagai sisi keamanan tangga yang akan dipasang railing tersebut. Yang paling penting, menyewa tenaga ahli dalam hal pemasangan railing ini bisa menjamin kekuatan serta kestabilan strukturnya. Ada banyak sekali ahli yang bisa menangani hal tersebut, kamu bisa dengan cepat googling di internet.

Menentukan Jenis Kaca yang Aman

Dalam pemasangan railing kaca ini, tentunya tak bisa memakai sembarang kaca. Hal tersebut karena ditakutkan kaca akan mudah pecah dan membahayakan. Oleh karena itu, sangat penting menentukan jenis kaca yang akan kamu pakai. Urutan kaca terbaik yang bisa menahan beban berat, angin, atau bahkan tidak membahayakan adalah kaca tempered. Kaca jenis ini akan hancur dalam bentuk bulat dan tumpul seandainya ia pecah, sehingga kemungkinan melukai akan semakin kecil. Alternatif kedua ada kaca laminasi. Kaca jenis ini sangat tahan akan benturan karena dilapisi oleh polivinil transparan. Hampir sama seperti kaca tempered, jika ia pecah, maka serpihan kaca akan tertahan di bagian laminasi, sehingga tidak akan melukai penghuni rumah.

Perawatan yang Mudah

Cara Pemasangan Railing Kaca

Nah, jika dibanding dengan pengaman tangga dari material kayu, kaca lebih mudah dibersihkan loh. Perawatan railing kaca ini sama saja seperti jendela kaca. Jika kotor, maka hanya perlu disemprot dengan cairan pembersih kaca dan dilap sampai bersih. Membersihkan railing ini juga harus rutin, minimal satu minggu sekali. Membersihkan dengan rutin ini akan membuat kaca mengkilat serta terhindar dari jamur yang berkerak. Ya, estetika itu memang penting, makanya jangan sampai kaca tersebut kotor dan berdebu karena jarang dibersihkan. Hal tersebut tak hanya bisa membuat rusak pemandangan, tetapi juga berpotensi mengganggu kesehatan pemilik rumahnya.

Bagaimana, mudah bukan? Itulah beberapa cara pemasangan dan hal yang harus dipertimbangkan saat memutuskan untuk menggunakan material kaca sebagai pelindung untuk tangga rumahmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *