Dekorasi

Bikin Pengunjung Tidur Lebih Nyenyak, Ini Dia Rekomendasi Bahan Ranjang Terbaik untuk Hotel!

Tidur nyaman dan nyenyak, pastinya adalah hal mutlak yang diinginkan hampir semua orang. Setelah beraktivitas seharian, tentu di akhirnya Anda akan menghabiskan waktu di ranjang atau tempat tidur. Selain di rumah, hotel adalah tempat paling nyaman untuk beristirahat dengan nyaman.

Terlebih, bagi pihak jasa kontraktor hotel seringkali memberikan perabotan dan desain sedemikian rupa agar kenyamanan semakin bertambah. Salah satunya yaitu dengan pemilihan ranjang yang tepat dan terbaik. Nah, ranjang jenis atau terbuat dari bahan apa sih yang sebenarnya bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak? Simak ulasannya berikut!

Macam-macam Bahan Pembuatan Ranjang

Agar kasur lebih nyaman, tentu ranjang harus hadir untuk menambah kenyamanannya. Bahan pembuatan ranjang ini pun perlu diperhatikan, apalagi untuk pemasangan di hotel, tentu kenyamanan ditambah keindahannya harus diperhatikan agar pengunjung suka. Nah, apa saja bahan pembuat ranjang ini?

  • Besi

 

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu material logam berbentuk besi ini?  Teksturnya yang keras dan kuat menjadikan besi banyak dipilih masyarakat sebagai material penopang beberapa benda di hunian, hotel, atau gedung lainnya. Salah satu penggunaannya adalah sebagai bahan ranjang atau tempat tidur. Besi ini banyak digunakan oleh para jasa kontraktor ketika ranjang dibuat.

Alasannya, besi dianggap mempunyai tingkat kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan material lainnya. Sebagai ranjang, tentu bahan besi akan sanggup untuk menahan beban orang-orang yang berada di atas saat menaikinya. Bahkan, besi tergolong lebih awet karena tidak mungkin diserang hama seperti dimakan rayap.

Dari segi desain, besi mudah dalam dipasangkan dan dibentuk ke dalam model apapun. Anda juga bisa menginovasinya dengan pemberian warna beragam sehingga tampilannya lebih menarik. Dari segi pembersihan, dengan cara dilap pun bisa dan tahan terhadap api, air, hingga tahan gores atau pecah dan patah. Meskipun demikian, kayu ini bisa keropos karena karat yang lama-lama bisa membuatnya rapuh juga. Apalagi jika perawatannya tidak terlalu tepat.

  • Kayu

 

Selain besi, pihak jasa kontraktor interior hotel seringkali menggunakan bahan kayu sebagai material ranjang di tiap kamar hotel. Kayu menjadi banyak pilihan masyarakat karena dianggap lebih estetis dan mudah dalam dibuat atau dibentuk. Beberapa kelebihan kayu pun turut disebut sebagai alasannya penggunaannya. Meskipun rawan dimakan rayap, namun jika pemilihannya tepat, seperti menggunakan kayu jati bisa meminimalisir risiko kayu dimakan rayap.

Baca juga: Tips Membentuk dan Melubangi Kaca Tempered Agar Tetap Kuat dan Tahan Lama

Kelebihan lain dari kayu ini adalah dari segi tampilannya yang cocok pada jenis desain interior apapun. Bahkan, jika desain kamar hotel adalah bergaya natural dan alam, penggunaan bahan ranjang kayu sangat direkomendasikan. Apalagi dengan pembuatannya yang bisa lebih mudah dibentuk menjadi model apapun. Kayu pun bisa diwarnai dengan cat khusus, namun untuk menampilkan sisi naturalnya, warna kayu alami lebih indah.

Besi vs Kayu, Mana yang Lebih Baik?

 

Setelah mengetahui beberapa ulasan mengenai bahan ranjang, lantas bahan apa yang paling baik untuk diaplikasikan pada ranjang di hotel? Dari penjelasan sebelumnya, baik kayu atau pun besi sama-sama mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Seperti pada kayu misalnya, kayu memang tidak tahan rayap, namun keestetikan dan ke artistikannya sangat tinggi. Apalagi jika Anda ingin mengonsep ruangan hotel yang alami, bisa memilih kayu ini. Pun jika ingin renovasi hotel jadi model klasik-trendy, tidak masalah menjadikan ranjang kayu pelengkapnya.

 

Sementara untuk besi, besi memang sama punya kekurangan yang mana kemungkinan karat yang menyebabkannya keropos lalu rapuh akan ada. Namun, besi ini punya ketahanan yang lebih tinggi dalam menopang beban maupun lebih safety dari rusak akibat patah. Anda bisa menggunakan bahan ranjang besi untuk ruangan dekor yang modern atau pun nuansa vintage dengan menggunakan besi hitam.

Baik kayu maupun besi, semuanya bisa Anda pilih menjadi bahan ranjang terbaik saat renovasi hotel atau membuat hotel baru. Yang paling penting, sesuaikan pemilihan material tersebut dengan kebutuhan dan budgeting pastinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *