Dekorasi

Apa Saja Standard yang Membuat Sebuah Hotel Layak Menjadi Hotel Bintang 5?

Standard yang Membuat Sebuah Hotel Layak Menjadi Hotel Bintang 5

Dalam dunia bisnis perhotelan, tentu penyediaan layanan terbaik merupakan tujuan utama setiap hotel yang berdiri saat ini. Peenyediaan layanan yang diberikan juga diberi predikat kualitas sesuai dengan kelengkapan fasilitas yang ditawarkan. Predikat sebagai Hotel Bintang 1,2 ,3 ,4 bahkan 5 ini diberikan dengan meninjau fasilitas apa saja yang tersedia didalam hotel tersebut. Keberadaan hotel secara mendasar sebagai tempat beristirahat memerlukan hal fundamental dalam sebuah hunian. Salah satu hal tersebut adalah instalasi listrik yang lengkap. Artinya sebuah hotel haruslah memenuhi standard ini sehingga layak menjadi hunian.

Dalam pembangunan hotel juga dibutuhkan kerjasama antar berbagai kontraktor pembangunan, seperti kontraktor bangunan (atap,dinding, dan lainnya), kontraktor listrik (untuk pemasangan listrik bangunan hotel). Dengan memperhatikan aspek ini, bukanlah hal yang mudah untuk membangun sebuah hotel apalagi untuk hotel bintang 5.

Standard Hotel Berbintang 5

Bagi anda yang penasaran apa saja standard yang digunakan untuk menilai predikat sebuah hotel sehingga bisa dikatakan menjadi hotel bintang 5 dapat memperhatikan beberapa aspek penilaian berikut ini. yaitu :

1. Tempat dan keadaan lingkungan bangunan hotel.

Untuk mendapatkan predikat hotel bintang 5 pemilihan lokasi pembangunan hotel harus dipilih dengan baik. Standard untuk hotel bintang 5 harus memenuhi syarat lokasi yang mudah dijangkau oleh kendaraan roda 4, roda 2 namun harus tetap jauh dari kebisingan, adanya bau tidak enak dan udara yang kotor. Pemilihan lokasi membangun hotel harus diutamakan dekat dengan tempat wisata atau tempat rekreasi sehingga akan meningkatkan jumlah peminat hotel nantinya. Lokasi harus berada dalam lingkungan yang bebas dari pencemaran udara.

2. Jumlah kamar hotel dan fasilitas yang disediakan.

Hotel dengan standard bintang lima harus memiliki jumlah kamar hotel minimal 100 kamar dengan luas minimal 26 m2 per kamar. Hotel juga harus memiliki minimal 4 kamar suite luas minimal 52 m2 per kamar. Setiap kamar juga harus dilengkapi dengan pengatur suhu ruangan.

3. Memiliki ruang fungsional.

Hotel bintang 5 harus memiliki ruang fungsionalitas yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dan kapasitas minimal 2.5 kali jumlah kamar yang tersedia. Tersedia toilet untuk ruangan ini jika memang tidak berada satu lantai dengan lobby. Dalam penyediaan layanan ini harus dipastikan bahwa dalam ruanagan tersedia layanan listrik, baik itu untuk charge barang elektronik maupun untuk penerangan. Hotel juga tidak boleh lupa dalam hal instalasi listrik untuk fasilitas ini.

4. Fasilitas untuk hiburan dan berobat.

Sebuah hotel yang memiliki predikat bintang 5 harus menyediakan fasilitas hiburan bagi penghuni hotel tersebut seperti bar, night clubs, drug store, biro perjalanan, airline agent, toko souvenir, bank, money changer, perkantoran, butik dan salon. Selain itu pihak hotel juga harus menyediakan paramedis yang siap sedia untuk menangani kasus darurat bila dibutuhkan. Dalam fasilitas ini pihak hotel harus memiliki kontraktor listrik langganan sebab fasilitas pengobatan yang merupakan layanan genting jika terjadi keadaan yang tidak diduga dalam hotel.

5. Sarana olahraga.

Penyediaan fasilitas layanan untuk berolahraga merupakan standard yang harus dipenuhi oleh hotel bintang 5. Fasilitas yang disediakan seperti lokasi bermain golf, track jogging, swimming, bowling, berkuda , sauna, taman bermain anak, dan lainnya.

6. Lobby Hotel.

Tempat menunggu atau sekedar duduk bersantai ini minimal memiliki luas 100m persegi dan memiliki 3 kamar mandi untuk masing-masing toilet perempuan dan laki-laki.

7. Bussiness Center.

Hotel bintang 5 harus memenuhi standard ini, dengan menyediakan staf hotel yang bertugas sebagai asisten sekretaris dari pebisnis yang datang. Ketersediaan layanan seperti faksimili, ruang rapat dan internet yang baik sehingga memungkinkan untuk melakukan teleconference dari kamar masing-masing.

8. Restoran atau tempat makan.

Penyedia layanan hotel bintang 5 harus memenuhi standard ini sebagai bagian dari layanan mereka. Restoran yang ada juga harus bisa menyediakan berbagai macam hidangan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Jadi pelayanan yang diberikan merupakan pelayanan propesional dengan standard internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *