Dekorasi

5 Alasan Mengapa Pintu dengan Bahan UPVC Perlu Anda Pilih

Alasan Perlu Pilih Pintu Bahan UPVC

Memilih pintu dengan bahan yang awet pasti menjadi pertimbangan utama para pemilik rumah. Ada banyak jenis material pintu seperti kayu, UPVC, aluminium hingga kaca. Di antara material-material tersebut pintu UPVC kini sedang naik daun. UPVC sendiri merupakan pengembangan dari material PVC sebelumnya yang memiliki kekurangan mudah patah.

UPVC atau Unplasticized Poly Vinyl Chloride dimana material ini memiliki kandungan bahan plastik sangat minim. Mengapa? Fungsinya adalah agar kelenturan dari bahan berkurang sehingga menjadi keras dan sangat kokoh ketika dijadikan pintu atau kusen. Ketika diolah menjadi kusen atau pintu, di dalam UPVC dibuat sebuah rangka. Rangka ini bisa terbuat dari bahan baja atau besi galvanis yang anti rayap.

Kelebihan Pintu Berbahan UPVC untuk Hunian

Alasan Perlu Pilih Pintu Bahan UPVC

Setelah mengenal apa itu pintu UPVC, Anda pasti akan mempertimbangkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh material ini. Banyak faktor yang bisa dipertimbangkan ketika dilihat keunggulannya. Mulai dari ketahanan, tampilan hingga harga yang sesuai dengan kantong. Tentunya jika menggunakan pintu beerbahan UPVC ini Anda tidak akan dikecewakan dengan kualitasnya karena begitu banyak kelebihan yang akan didapatkan. Berikut informasinya untuk anda.

  • Tidak Berkarat

Sama halnya seperti pintu yang rusak karena karat, kerusakan yang sering dialami material lainnya adalah karat. Namun Anda jangan khawatir, karena pintu berbahan UPVC tidak mudah berkarat. Jadi Anda bisa memasangnya sebagai pintu outdoor dengan lebih leluasa. Jika terkena air hujan terus menerus karat tidak akan muncul karena bahan plastik yang terkandung di dalamnya. Bahkan Anda juga bisa menggunakannya sebagai pintu kamar mandi.

  • Pemasangan yang cepat

Alasan Perlu Pilih Pintu Bahan UPVC

Berat dari pintu berbahan UPVC sangatlah ringan sehingga proses pemasangannya sendiri tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Walaupun cepat, tapi tetap membutuhkan tukang khusus untuk memasangnya. Hindari memasang sendiri apalagi jika Anda tidak memiliki pengalaman. Pemasangan pintu harus benar agar presisi dan bertahan lama untuk digunakan.

  • Perawatan yang mudah

Alasan Perlu Pilih Pintu Bahan UPVC

Tidak seperti pintu kayu yang harus dilapisi pernis atau cat setiap tahunnya. Pintu dari UPVC perawatannya cukup mudah. Anda cukup mengelapnya sesekali saja ketika muncul debu. Lap dengan kain basah kemudian menggunakan lap kering. Hindari untuk meninggalkan bekas air setelah di lap agar tidak menimbulkan bekas dan tampilan pintu tetap baru.

  • Tidak mudah terbakar

Walaupun menggunakan material plastik, namun pintu bahan UPVC tidak mudah terbakar. Bahan plastik yang digunakan berbeda dengan plastik pada umumnya atau plastik yang digunakan pada material PVC. Sehingga plastik tidak akan menjalarkan api, jadi pintu ini cukup aman dari masalah kebakaran.

  • Tidak Cepat Pudar

Tampilan yang cepat rusak seringkali menjadi masalah. Banyak yang menganggap bahwa pintu dari bahan ini tidak tahan terhadap panas dan perubahan cuaca sehingga warnanya cepat pudar. Padahal yang terjadi justru sebaliknya, tampilan pintu akan tetap sama. Sinar UV atau panas tidak akan membuat warna memudar atau menguning. Lapisan cat yang digunakan khusus sehingga lebih tahan terhadap kendala cuaca.

Masih mempertimbangkan untuk tetap menggunakan pintu kayu? Anda akan menyesal, karena selain kelebihan di atas pintu UPVC harganya lebih murah. Coba bandingkan saja dengan pintu kayu yang perawatannya sulit, belum lagi Anda harus membeli kayu yang mahal. Seperti kayu jati yang harganya belasan juta, padahal pintu bahan UPVC hanya akan menghabiskan biaya berapa juta saja. Pilih pintu yang terbaik dari sekarang, karena Anda akan menggunakannya dalam waktu yang lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *