Konstruksi

5 Tips Saat Memilih Bata Putih Agar Tidak Kecewa

Tips Memilih Bata Putih Sebagai Material untuk Pembuatan Rumah

Bata putih atau bata ringan, atau dikenal juga dengan bata hebel ini adalah salah satu jenis batu bata yang sudah cukup populer. Bata hebel adalah jenis batu bata yang populer di era modern. Ada banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis bata lainnya. Bata hebel bahkan sudah mulai digunakan di berbagai daerah di Indonesia karena memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Bobotnya jauh lebih ringan dibandingkan dengan jenis bata biasa.
  • Ukuran bata ini mampu menghasilkan struktur dinding yang lebih rapi dan seragam.
  • Cocok untuk bangunan atau rumah anti gempa, karena bata hebel tidak mudah ambruk jika terjadi gempa.
  • Memiliki ketahanan yang baik terhadap api.
  • Hemat dalam penggunaan perekat.
  • Memiliki tingkat kedap suara yang lebih baik.
  • Bata hebel mudah dibor maupun dipotong, sehingga mudah untuk di-instalasi.
  • Mudah dalam proses pemasangan dan hemat biaya pemasangan.

5 Tips Memilih Bata Ringan Berkualitas

Bagi Anda yang berencana untuk membelinya, simak terlebih dahulu tips memilih bata ringan berkualitas untuk pembuatan dinding bata berikut ini :

1. Pilih Hanya yang Berwarna Putih

Ada dua jenis bata hebel atau bata ringan yang ada di pasaran, yaitu AAC dan CLC. AAC ialah Autoclaved Aerated Concrete, sedangkan CLC adalah Celullar Lighweight Concrete. Bata hebel adalah jenis bata yang berwarna putih, khususnya untuk jenis AAC karena bata ringan ini terbuat dari pasir silika. Berbeda dari CLC yang warnanya abu-abu karena terbuat dari pasir biasa.

 

2. Uji Kualitas Bata Hebel Terebih Dahulu

Menentukan kualitas bata yang akan dibeli adalah hal yang paling mendasar. Untuk melakukannya tidaklah sulit. Caranya ialah dengan menancapkan paku pada bata tersebut. Jika paku sulit untuk ditancapkan, maka dapat dipastikan kualitasnya pun sangat bagus. Selain itu, cobalah untuk menjatuhkannya pada ketinggian 1 meter di atas permukaan tanah, jika tetap utuh maka bata hebel berkualitas baik.

 

3. Pilih Hanya Produk yang Bermerk

Kualitas biasanya bisa kita tentukan dari merknya. Cara memilih produk bata hebel yang bermerk adalah dengan memilih bata pabrikan yang telah teruji secara laboratorium. Saat ini ada banyak pabrikan-pabrikan yang membuatnya, namun belum teruji kualitasnya secara labolatorium.

 

4. Lakukan Pengecekan Keaslian

Kecenderungan terhadap pemalsuan barang ternyata sering juga terjadi pada batu bata hebel. Ada banyak jenis bata ringan KW atau palsu yang dibuat oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan dari cara yang tidak wajar. Ciri-ciri bata ringan yang asli dapat kita lihat melalui proses pengujian. Caranya adalah dengan membenamkannya pada air, jika terapung maka dapat dipastikan keasliannya. Kenapa bisa demikian? Karena ada banyak gelembung udara yang terjebak di dalam batu hebel tersebut.

 

5. Perhatikan Tingkat Presisi Bata Hebel

Batu bata putih memiliki tingkat presisi yang sangat baik, itulah yang menjadi salah satu kelebihannya. Manfaat dari tingkat presisi dari bata ini berpengaruh terhadap cara pemasangannya. Para pekerja tentu akan lebih mudah mengaplikasikannya tanpa memerlukan plesteran karena bentuknya yang sudah rata.

Bagaimana, mudah bukan memilih bata putih? Anda bisa menerapkan tips di atas sebelum membelinya. Dengan mengikuti tips di atas, Anda bisa mendapatkan sebuah produk bata berkualitas untuk pembuatan konstruksi bangunan. Jangan lupa juga untuk menggunakan para ahli yang berpengalaman dalam pemasangannya agar sesuai dengan prosedur yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *