Pembangunan

5 Pemanfaatan Kaca Tempered Paling Umum Pada Bangunan

Kaca tempered atau sering disebut sebagai safety glass merupakan kaca yang sudah menjadi standar untuk digunakan di berbagai sektor, dari mulai sektor otomotif (kaca mobil) hingga sektor industri furnitur (kitchen set, table top dan lain-lain). Kaca ini merupakan kaca yang memiliki kekuatan 3 hingga 5 kali lipat dari kaca biasanya, selain itu jika kaca ini pecah, Ia tidak akan membentuk pecahan-pecahan dengan sudut yang tajam sehingga sangat aman, tidak seperti kaca pada umumnya.

Mengapa kaca jenis tempered memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kaca jenis lain? Hal ini dikarenakan proses pembuatannnya yang berbeda dari jenis kaca yang lain. Proses pembuatannya dinamakan tempering, yaitu proses di mana setelah kaca biasa dipotong dan dihaluskan tepinya, Ia melalui proses pencucian dengan tekanan yang sangat tinggi yang fungsinya untuk membersihkan partikel-pertikel halus di dalam kaca. Setelah itu kaca dimasukan ke dalam tungku dengan suhu mencapai 700 derajat celcius, selesai proses tersebut kaca kemudian didinginkan dengan waktu yang cepat menggunakan angin bertekanan tinggi. Proses pemanasan yang tinggi dan pendinginan yang cepat disertai berbagai tekanan inilah yang membuat kaca tempered menjadi kaca yang kuat. Kuat terhadap perubahan suhu, kuat terhadap benturan dan tekanan, serta tidak membentuk sisi tajam saat pecah. Karena kelebihan inilah kaca jenis tempered ini menjadi kaca yang banyak dipakai. Salah satu sektor yang paling banyak menggunakan kaca jenis tempered adalah sektor bangunan. Difungsikan sebagai apa kaca jenis tempered di sektor bangunan?

Pemanfaatan Kaca Jenis Tempered Pada Bangunan

Apakah Anda pernah melihat restauran, mart, atau bahkan gedung tinggi yang dari mulai dinding hingga pintunya menggunakan kaca? Ya, itulah kaca jenis tempered. Dewasa ini kaca jenis tempered banyak digunakan pada bangunan karena menawarkan daya tarik yang berbeda yang terkesan lebih modern. Adapun pemanfaatan kaca tempered pada bangunan di antaranya:

1. Pintu

Pintu kaca banyak digunakan di tempat umum maupun hunian pribadi. Pintu dari kaca akan memberikan kesan yang ramah terhadap calon pengunjung. Kini pintu dari kaca banyak menggunakan teknik yang lebih variatif ketimbang ditarik maupun didorong, yaitu digeser, geser otomatis hingga diputar.

2. Dinding

Dinding dari kaca banyak digunakan oleh gedung-gedung tinggi dan tempat umum, namun kini sudah banyak juga digunakan untuk hunian pribadi. Dinding dari kaca akan memberikan kesan yang luas pada ruangan, memberikan cahaya yang optimal, memberikan jarak pandang yang leluasa, memberikan kesan futuristik, serta tentunya dijadikan wadah pemasaran (untuk tempat umum seperti restauran dan mart) karena pemandangan di dalam ruangan mampu menarik pelanggannya dari luar untuk masuk.

3. Skylight

Skylight merupakan jendela yang disimpan di atap yang fungsinya untuk mengoptimalkan cahaya yang masuk. Skylight dari kaca jenis tempered akan memberikan keamanan bagi penghuni ruangan karena akan tetap kuat walaupun terkena hujan dan terik matahari.

4. Partisi

Partisi dari kaca jenis tempered menjadi pilihan yang sangat tepat untuk ruangan minimalis serta membutuhkan banyak fungsi. Partisi dari kaca akan tetap memberikan kesan yang luas pada ruangan.

5. Kanopi

Kanopi dari kaca jenis tempered sangat tepat untuk hunian yang senang menanam tanaman di bawah kanopi karena dapat memberikan cahaya maksimal pada tanaman tanpa terkena air hujan yang berlebihan. Kanopi kaca juga membuat orang di bawahnya lebih leluasa memandang langit.

Bagi orang yang sering menguji kreativitasnya, kaca jenis tempered dapat dimanfaatkan untuk hal yang lebih luas dan tidak terduga pada bangunan. Namun sejauh ini penggunaan tempered yang paling umum adalah seperti yang telah diulas di atas. Jika Anda ingin turut menggunakan tempered untuk bangunan Anda, Anda tidak perlu khawatir karena Anda akan mudah menemukan jasa jual kaca tempered dengan ukuran dan harga yang variatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *