Material

4 Karakteristik Pondasi Cakar Ayam

Karakteristik Pondasi Cakar Ayam

Pondasi cakar ayam merupakan salah satu karya anak bangsa yang patut di banggakan, dengan adanya jenis pondasi ini maka terbukti struktur dari suatu bangunan lebih kuat dalam menanggung beban pondasi diatasnya. Pengaplikasian jenis pondasi yang satu ini pun tergolong sangat fleksibel karena bisa digunakan untuk berbagai jenis struktur bangunan namun khususnya jenis yang satu ini banyak digunakan sebagai struktur awal dalam pembangunan jalan layang.

Pondasi yang mulai populer dan diperkenalkan didunia konstruksi pada tahun 60-an ini berhasil menajdi salah satu solusi yang hingga kini masih digunakan oleh pakar konstruksi dalam melakukan suatu proyek pembangunan. Jika sebelum adanya pondasi jenis ini para ahli konstruksi perlu memikirkan cara lain agar struktur bangunan tetap kokoh walau nantinya dikenai beban “statis” dan “dinamin”, maka saat ini hal itu bukanlah menjadi masalah yang perlu dikhawatirkan lagi.

Karasteristik Pondasi Cakar Ayam

Pondasi yang satu ini memiliki beberapa karakteristik khusus yang belum tentu ada di jenis pondasi lainnya di dunia konstruksi yang sering anda temui. Nah, karakteristiknya adalah sebagai berikut:

  1. Terdiri dari susunan plat besi dan coran beton yang dibentuk seperti cakar ayam, ini adalah karakteristik utama dari sang pondasi ini. Setelah susunan plat besi di susun sedemikian rupa barulah dilakukan pengecoran menggunakan beton. Paduan dari susunan plat besi dan beton yang di cor kedalamnya akan membuat pondasi yang satu ini semakin kuat dan fleksibel karena memiliki sifat lentur dan kokoh dari besi dan beton, apalagi jika disusun dengan struktur seperti cengkraman cakar ayam.
  2. Pondasi yang satu ini tidak memerlukan sistem drainase, ini juga menjadi salah satu karakteristik dari pondasi ini. Berbeda dari beberapa jenis pondasi yang harus menerapkan sistem drainase saat pembuatannya pondasi jenis ini tidak memerlukan sistem drainase sehingga dapat memangkas waktu pengerjaan dan tentunya ini menjadi hal yang disukai dari pondasi ini.
  3. Dapat diaplikasikan pada tanah dengan struktur lunak, jika anda pernah mendengar bahwa sebuah pondasi untuk struktur bangunan haruslah diaplikasikan ditanah yang keras dan kuat maka anda tidak salah. Tapi, perlu di garisbawahi bahwa karakter dari jenis pondasi cakar ayam ini dapat diaplikasi di jenis tanah manapun sekalipun jenisnya lunak dan tidak memungkinkan untuk jenis pondasi lainnya.
  4. Harga pondasi cakar ayam lebih mahal, tentu saja kualitas pasti berbanding lurus dengan harga. Memang secara harga pondasi yang satu ini lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis pondasi lainnya yang cenderung memiliki harga lebih murah. Namun coba pikirkan dibalik harga yang mahal ada hal yang penting yaitu “kokohnya struktur bangunan”. Bahkan, menurut beberapa ahli konstruksi dan para pembangunan harga dari sebuah pondasi jenis ini bukanlah masalah yang harus dipermasalahkan karena kekokohan dari pondasi ini yang sudah teruji.

Beberapa karakter dari pondasi cakar ayam diatas dapat anda jadikan sebagai referensi jika nantinya anda ingin melakukan suatu proyek konstruksi khususnya proyek-proyek konstruksi yang berskala besar maka sangat baik jika memperhatikan karakter dari pondasi ini. Hal ini karena bagi ahli pondasi adalah jembatan utama kokoh atau tidaknya suatu bangunan nantinya, jika pondasinya saja tidak kokoh maka dapat dipastikan strukturnya juga tidak akan baik nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *